Selasa, 08 November 2011

RINTISAN DESA WISATA DI PURWOREJO


Kebijakan Pemkab Purworejo untuk mengembangkan sektor pariwisata mulai nampak. Setidaknya terlihat dari rencana Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Pariwisata (Dishubkominpar) yang mulai merintis desa wisata.
Kepala Dishubkominpar Grahito Ganjar mengungkapkan, ada lima desa yang menjadi rintisan desa wisata. Yaitu Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag, Desa Keburuhan Kecamatan Ngombol, Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Desa Somongari
Kecamatan Kaligesing, dan Desa Karangrejo Kecamatan Loano.
Dari kelima desa itu, tiga di antaranya potensi andalannya adalah wisata pantai yang selama ini sudah menjadi tujuan wisata.
Diungkapkan Grahito, sebelum Pantai Keburuhan dan Jatimalang dikunjungi wisatawan, Pantai Ketawang justru sudah lebih dulu menjadi tujuan wisata tradisional sejak lama. Bahkan saat hari libur seperti hari raya, ribuan pengunjung memadati pantai itu.
Namun dalam perkembangannya, justru Pantai Jatimalang dan Keburuhan yang mendapat fasilitas dari pemerintah. Sedangkan Pantai Ketawang terbengkalai dengan adanya kontrak penambangan pasir besi selama 20 tahun sejak tahun 1987.
Potensi Desa Somongari adalah adanya ritual Jolenan. Di samping juga potensi wisata sejarah sebagai tempat kelahiran WR Soepratman dan wisata agro sebagai pusat buah durian dan manggis.
Padnani, ketua kelompok tani Murakabi Desa Karangrejo menjelaskan, pengembangan desa wisata dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan UGM dan perguruan tinggi lainnya. Bahkan para anggota kelomtan ini telah mendapat pelatihan pula dari balai pembenihan tanaman hutan Jawa Bali di Sumedang, untuk mengembangkan berbagai tanaman langka. Di samping juga dikembangkan potensi petualangan dengan kegiatan outbond.


1 komentar: